Wednesday, November 20, 2013

Ribuan Buruh Demo Kawal Penetapan UMK

Ribuan buruh dari berbagai daerah di ring I seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan dan Mojokerto, akan menggelar aksi demo hari ini, Rabu (20/11/2013). Demo rencananya dilakukan di dua titik yakni Gedung Grahadi dan kantor Gubernur Jawa Timur.

Massa yang tergabung dalam Komite Aksi Anti Upah Murah (KAAUM) Jawa Timur ini akan mengawal dan menuntut Gubernur Jatim Soekarwo untuk segera menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2014.

"Agenda tuntutan kami agar gubernur segera dan harus menetapkan UMK di Jawa Timur sesuai rekomendasi masing-masing daerah yang telah dikirim ke gubernur," ujar Koordinator KAAUM Jatim Sukarji saat dihubungi detikcom.

Selain itu, mereka juga menuntut gubernur untuk menetapkan UMK Surabaya sesuai dengan daerah di sekitarnya. Pasalnya, usulan UMK Surabaya Rp 2,2 juta dinilai rendah dibandingkan dengan Gresik dan Pasuruan.

"Kami minta gubernur segera menetapkan dan menyesuaikan seperti daerah di sekitarnya," terangnya.

Terkait dengan dua versi usulan UMK Mojokerto dari buruh Rp 2.426 juta dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Rp 1,7 juta, Sukarji meminta gubernur juga segera menetapkan yang KHL-nya sesuai dengan surat edaran (SE) Gubernur Jatim.

Penetapan UMK 2014 ini maksimal sudah digedok pada 21 November 2013. Dalam kurun waktu dua hari ini, buruh akan terus mengawalnya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan mereka akan menginap di depan gedung Grahadi atau kantor gubernur.

"Selambat-lambatnya memang 21 November. Kalau memungkinkan, 20 November atau malam nanti sudah ditetapkan," tandasnya.




Sumber : detiknews.com

No comments:

Post a Comment