Wednesday, November 20, 2013

5.000 Buruh Pasuruan Berangkat ke Grahadi Dikawal Ketat

Sekitar 5.000 buruh dari berbagai perusahaan di kawasan PT PIER Pasuruan berangkat ke Gedung Negara Grahadi Surabaya. Mereka akan bergabung dengan buruh dari berbagai daerah di ring I seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik untuk mengawal penetapan UMK 2014.

Ribuan buruh tergabung dalam FSPMI dan SPSI berangkat ke Surabaya dari kompleks PT PIER, Rabu (20/11/2013) menggunakan ribuan motor dan bus. Iring-iringan buruh ini membuat jalur pantura Bangil macet.

Untuk mengatisipasi hal yang tidak diinginkan, sebanyak 2 kompi polisi dari Polres Pasuruan dan 1 kompi Brimob diikutsertakan dalam konvoi tersebut.

"Jumlah buruh sekitar 5.000 orang menggunakan 1.500 motor dan bus," kata Kabag Ops Polres Pasuruan Kompol Jajak Herawan.

Menurut Jajak, polisi akan mengawal buruh hingga ke Grahadi hingga nanti kembali ke Pasuruan. "Sampai saat ini (konvoi) masih berjalan lancar," jelasnya.

Usulan UMK Kabupaten Pasuruan tahun 2014 sudah ditanda-tangani Bupati Irsyad Yusuf sebesar Rp 2.312.000. Angka tersebut dianggap sesuai dengan ukuran Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Kabupaten Pasuruan meski mendapat tentangan dari Apindo.




Sumber : detiknews.com

No comments:

Post a Comment