Monday, November 11, 2013

RI Punya Lebih Banyak Miliarder Dibanding Malaysia

Dengan modal 23 miliarder di Tanah Air, Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia yang hanya memiliki 10 penduduk super kaya di negaranya. Gelar miliarder diberikan perusahaan pembanding kekayaan global Wealth-X pada orang-orang yang memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 1 miliar.
Melansir laporan resmi `Wealth-X and UBS Billionaire Census 2013`, Senin (11/11/2013) Indonesia tercatat berada di peringkat 20 dunia. Posisi tersebut sukses mengungguli Malaysia yang hanya mampu bertengger di posisi ke-35.
Meski tertinggal 15 peringkat, tapi selisih kekayaan seluruh miliarder di Indonesia dan Malaysia hanya berjumlah US$ 10 miliar. Seluruh konglomerat elit di Tanah Air tercatat mengantongi kekayaan hingga US$ 47 miliar atau setara Rp 536,4 triliun.
Sementara jumlah harta 10 miliarder di Malaysia tak berbeda jauh sebesar US$ 37 miliar atau setara Rp 422,2 triliun. Di Asia, Indonesia berada di posisi ke-7. Sementara Malaysia tertinggal tiga peringkat di posisi 10.
Secara keseluruhan, Amerika Serikat (AS) menempati urutan pertama sebagai negara pencetak miliarder terbanyak yaitu sebanyak 515 orang. Sementara China berada di posisi ke-2 dengan jumlah 157 miliarder.
Dalam sensus tersebut, miliarder dikategorikan sebagai orang yang memiliki kekayaan bersih berjumlah sedikitnya US$ 1 miliar. Sementara itu, laporan tersebut juga membuat daftar semi miliarder dimana pemegangnya adalah orang-orang yang memiliki harta senilai US$ 500 juta hingga US$ 999 juta.




Sumber : liputan6.com

No comments:

Post a Comment