Wednesday, November 13, 2013

Buruh Temui DPRD DKI, Ahok: Minta Dukungan Supaya Populer

Forum Buruh DKI mendatangi Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta terkait Upah Minimum Provinsi (UMP). Basuki Tjahaja Purnama menganggap hal itu sebagai tindakan mencari kepopuleran.
"Boleh aja. Mungkin itu upaya mereka, minta dukungan DPRD, supaya populer," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta itu di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (12/11/2013).

Forum Buruh DKI berniat meminta Fraksi PDIP menyampaikan aspirasi mereka yang menolak UMP Rp 2,4 juta kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Namun, Ahok menjelaskan, tidak mungkin meningkatkan angka upah minimum hingga 68% menjadi Rp 3,7 juta sesuai tuntutan buruh. Sebab, nilai Kebutuhan Hidup Layak (KHL) merupakan dasar untuk menaikkan UMP dan KHL Jakarta hanya senilai Rp 2,2 juta.
Selain itu, industri padat karya seperti garmen atau tekstil masih banyak yang membuka pabrik di Jakarta. Padahal seharusnya usaha tersebut berlokasi di luar kota Jakarta. Sebab, gaji untuk pekerja di industri tersebut tidak sulit untuk disesuaikan dengan kebutuhan di ibukota yang sangat tinggi.
"Tapi semua harus bertahap. Bukan kita tidak bela buruh. Kita harus bela semua. KHL perlu dilihat lagi, supaya tidak naik terlalu tinggi tiba-tiba dan pengusaha tidak hengkang. Tuntutan buruh harus dipenuhi juga. Buruh terserah mau ngomong apa," katanya.
Ahok menegaskan, bagaimana pun cara yang ditempuh para buruh, Pemprov DKI tidak akan merevisi nilai UMP 2014 yang sudah ditetapkan. Bahkan ia menganggap tudingan bahwa pihaknya melindungi pengusaha merupakan tuduhan yang tidak logis.
Sebab, lanjutnya, saat menaikkan UMP 2013 hingga 40%, ia sempat bersitegang dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Ketika itu, buruh sempat mengelu-elukan Pemprov DKI. Padahal keputusan itu bukan untuk membela salah satu pihak, hanya pada kenyataannya UMP sebelumnya bertahun-tahun tidak pernah sesuai KHL, sehingga memang perlu dinaikkan.
"Sekarang kita naikkan sedikit, bela pengusahanya di mana? Kita konsisten, tidak ada yang berubah. Dulu kan melonjak karena 5 tahun selalu di bawah KHL. Yang saya bela adalah seluruh warga DKI yang terbaik. Mau menang sendiri mereka. Itu tudingan yang asal ngomong dan lucu," tukas Ahok.




Sumber : liputan6.com

No comments:

Post a Comment