Monday, November 18, 2013

Demo buruh lumpuhkan Jalan Pemda Tigaraksa Tangerang

Ribuan buruh dari berbagai serikat kembali berunjuk rasa ke kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang, Senin (18/11). Para buruh itu hendak melihat langsung rapat pleno pembahasan KHL, yang menjadi penentuan UMK setelah dua kali rapat tak membuahkan hasil.

Iring-iringan demo buruh membuat semua jalan ke Jalan Raya Pemda Tigaraksa lumpuh karena disesaki buruh. Pantauan di lapangan, mulai dari pintu gerbang tugu kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Tangerang hingga 1 kilometer, buruh menyesaki jalan tersebut. Mereka juga merangsek ke jalan yang seharusnya dua jalur.

Aksi hari ini digelar berbagai aliansi, seperti KSPSI, FSPMI, FSBKU dan KSN. Setiba di kawasan industry Milenium di Jalan Raya Pemda Tigaraksa, mereka sempat melakukan sweeping. Namun aparat kepolisan langsung menghadangnya, sehingga buruh kembali ketujuan semula.

Salah satu Koordinator Aksi Koswara mengatakan, buruh akan tetap melawan dan mendesak agar UMK Tangerang 2014 Rp 3,7 juta. "Tolak upah murah, turunkan harga," ujar Koswara.

Koswara melanjutkan, ribuan buruh dikerahkan untuk mendesak dewan pengupahan segera menetapkan KHL dan UMK Tangerang yang sudah dua kali mengalami kebuntuan. "Jika tuntutan kami tidak diindahkan, kami akan terus dan terus melakukan perlawanan," kata Koswara.

Selain itu, Koswara juga mengatakan, pihaknya akan menempuh jalur hukum jika UMK Tangerang tak sebanding dengan tuntutan mereka. "Tentu kami akan mem-PTUN kan keputusan yang tidak berpihak pada buruh," tandasnya.




Sumber : merdeka.com

No comments:

Post a Comment