Monday, November 18, 2013

Belasan Ribu Sepeda Motor Pendemo Blokir Jalan di Karawang

Jalur Pantai Utara (Pantura) dari Cikampek sampai Jalan A Yani Kota Karawang dipadati belasan ribu sepeda motor pendemo yang datang dari beberapa kawasan industri yang ada di Kabupaten Karawang, ke Kantor Pemda Karawang, Sejak Senin 17/11) siang pukul 11:00 sampai 17:00 masih berada di halaman Kantor Pemkab.
Mereka demo dengan memblokir Jalan Ahmad Yani depan Kantor Pemda. Pendemi menuntut kenaikan upah minimum kerja ( UMK ) Rp 2 juta per bulan, yang dijanjikan Bupati Karawang Ade Swara, pada 1 Mei lalu.

Dalam orasinya mereka menuntut pemerintah daerah menepati janji untuk
mensejahterakan buruh di Karawang dengan menaikkan nilai
kebutuhan hidup layak (KHL) dan UMK Karawang 2013.
“Kami meminta UMK Karawang 2013 mencapai Rp 2 juta, karena UMK 2012
yang mencapai Rp 1,2 juta sangat jauh dan tidak memenuhi kebutuhan
hidup para buruh,” teriak mereka.
Aksi semacam ini merupakan ketiga kalinya (Jum’at, Minggu dan Senin), mereka tetap bertahan walaupun, Senin petang hujan mengguyur Kota Karawang dan sekitarnya, seperti pada waktu aksi demo, yang dilakukan para buruh ini, Minggu (16/11).
Hingga Senin petang, belum diperoleh keterangan resmi, tuntutan buruh tersebut disepakati pihak dewan pengupahan kabupaten maupun di tanda tangani Bupati Karawang.
Ferry Gozali , Ketua SPSI Kabupaten Karawang, mengungkapkan buruh hanya meminta upah layak yang sesuai dengan kebutuhan saat ini, buruh hanya meminta UMK sebesar Rp 2 juta, sesuai yang janjikan Bupati Karawang pada tanggal 1 Mei 2012 pada hari buruh yang lalu. (nourkinan)
Teks : Belasan ribu pendemo bersepeda motor padati Jalur Pantura Cikampek – Karawang serta memblokir jalan di Kota Karawang.




Sumber : poskotanews.com

No comments:

Post a Comment