Thursday, November 7, 2013

Ribuan Buruh Sidoarjo Siang Ini Datangi Pendopo

Ribuan buruh, Kamis (7/11/2013) siang akan datangi Pendopo Delta Surya, Kabupaten Sidoarjo. Massa akan mendesak Saifulillah, Bupati Sidoarjo segera menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2014.

Sukardi, satu diantara koordinator aksi dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) pada suarasurabaya.net mengatakan unjuk rasa terpaksa dilakukan karena pada Rabu (6/11/2013) kemarin, UMK gagal ditetapkan karena ketiadaan Bupati Sidoarjo.

"Rapat kemarin batal karena Bupati ke luar kota," kata Sukardi. Karenanya, dalam unjuk rasa ini, massa buruh akan berusaha menekan bupati sehingga UMK Sidoarjo segera bisa ditetapkan.

Sesuai jadwal yang telah diatur oleh Gubernur Jawa Timur, UMK dari seluruh kabupaten/kota memang harus sudah masuk ke meja Gubernur karena pada 21 November 2013 mendatang UMK sudah harus ditandatangani oleh Gubernur.

Padahal, hingga saat ini hasil final survei KHL (standar hidup layak) Sidoarjo juga belum ditetapkan karena belum adanya keputusan terkait item perumahan serta listrik.

Sesuai keinginan Gubernur, item perumahan ini memang akan diubah dari yang awalnya hanya untuk biaya sewa kamar kos, saat ini diubah menjadi pembayaran cicilan rumah.

Sedangkan untuk listrik, hingga saat ini dewan pengupahan masih menunggu harga dari PLN Sidoarjo. "Perkiraan kami KHL Sidoarjo dengan adanya perubahan dari sewa kamar menjadi bayar cicilan rumah nilainya menjadi Rp 2,2 jutaan," kata Sukardi.

Dengan KHL yang mencapai Rp 2,2 juta, maka buruh mendesak nilai UMK sidoarjo tahun 2014 ini sebesar Rp 2,6 juta.

Sementara itu, unjuk rasa sendiri akan dimulai dengan berukumpul di lapangan Jenggolo Sidoarjo. Dari Jenggolo, buruh lantas akan melakukan aksi longmarch jalan kaki menuju pendopo.

"Jadi yang pakai sepeda motor nanti dimatikan, kita jalan kaki serentak ke pendopo," kata Sukardi. Massa, kata dia, akan mulai berkumpul di lapangan Jenggolo sekitar pukul 10.00 pagi.



Sumber : suarasurabaya.net

No comments:

Post a Comment