Tuesday, October 29, 2013

Di Bandung tak ada demo buruh? Mengapa

Berbeda dengan daerah lain, buruh di Kota Bandung tidak melakukan aksi demonstrasi menuntut kenaikan upah minimum kota (UMK).

Kabag Ops Polrestabes Bandung, AKBP Diki Budiman, menyatakan belum ada informasi akan ada aksi buruh hingga hari ini. "Kita sudah koordinasi dengan elemen buruh, mereka katanya tidak akan berdemo," kata Diki di Mapolrestabes Bandung, Selasa (29/10/2013).

Menurutnya, Pemkot Bandung bersikap tanggap dalam menyikapi persoalan UMK yang belum ditetapkan. Sebab para buruh mayoritas menuntut UMK dinaikkan dari nominal UMK tahun lalu.

"Semuanya nanti dikumpulkan di Pendopo Kota Bandung untuk membicarakan masalah upah itu," jelasnya.

Dalam pertemuan itu, rencananya Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, akan hadir langsung. Selain itu, berbagai emelen buruh, serta organisasi terkait lainnya juga akan dihadirkan.

Melalui pertemuan itu, diharapkan ada jalan keluar terbaik yang disepakati semua pihak. Sehingga tidak ada unjuk rasa yang dilakukan buruh.

Tapi jika ternyata ada demo, Diki menegaskan pihaknya sudah siap. "Kita sudah menyiapkan rencana pengamanan sebagai antisipasi dari minggu lalu," jelasnya.

Secara keseluruhan, ada 1.600 personel yang siap mengamankan Kota Bandung jika terjadi demonstrasi. "Itu gabungan personel dari Polrestabes, Polda Jawa Barat, dan TNI," ungkap Diki.

Mereka akan disiagakan untuk mengawal massa yang berdemo dan di sejumlah objek vital seperti jalan tol dan gedung pemerintahan.


Sumber : sindonews.com

No comments:

Post a Comment