Tuesday, October 29, 2013

Buruh Tangerang Sosialisasi Mogok Nasional di Pabrik-pabrik

Ratusan buruh di Tangerang, Banten, melakukan aksi sosialisasi ke sejumlah pabrik terkait rencana aksi mogok nasional pada Kamis (31/10/2013).
Koordinator aksi dari Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB) Koswara mengatakan, sosialisasi dilakukan dengan membagikan selebaran kepada buruh di tiap-tiap pabrik. "Kami ingin mengajak semua buruh untuk ikut serta dalam aksi mogok nasional pada 31 Oktober nanti," kata Koswara di Tangerang, Senin (28/10/2013).
Selebaran tersebut berisi beberapa tuntutan, yakni menolak instruksi presiden tentang upah, upah layak untuk buruh, dan menurunkan harga kebutuhan pokok. Buruh juga menolak sistem kerja kontrak, menolak pemutusan hubungan kerja (PHK), menolak union busting, serta menolak privatisasi aset-aset negara.
"Tuntutan yang kami sampaikan merupakan hasil dari aspirasi buruh dan permasalahan yang selama ini ada dan diharapkan dapat diselesaikan," ujarnya.
Sosialisasi tersebut dilakukan oleh 800 orang dari berbagai elemen buruh. Mereka melakukan aksi tersebut dengan menggunakan sepeda motor dan satu mobil komando. Mereka masuk ke dalam setiap pabrik yang mereka lewati mulai dari Bundaran 1 Citra Raya, Cikupa, zona industri Jabar Wood, hingga ke Bitung, Kabupaten Tangerang. Mereka juga melakukan sosialisasi di kawasan Industri Manis dan Jatake di Kota Tangerang, kawasan industri Bunder, Pasar Kemis, Cikupa Mas, Bonen, Balaraja, dan berakhir di Kantor Pemerintah Kabupaten Tangerang di Tigaraksa.


Sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment