Thursday, October 31, 2013

Sweeping Buruh di Pulogadung Sempat Ricuh: Kawasan Industri Lumpuh Total

Ribuan buruh masih memadati Kawasan Industri Pulogadung (KIP), Jakarta Timur, Kamis (31/10/2013) siang. Massa yang mengendarai sepeda motor sempat melakukan sweeping ke sejumlah pabrik yang masih beroperasi hingga siang ini.
Dipandu koordinator aksi melalui pengeras suara dari sebuah mobil bak terbuka, massa buruh memeriksa satu persatu pabrik yang ada di dalam kawasan KIP.
Sempat terjadi ketegangan di PT Kemfood ketika massa mendapati masih ada buruh yang bekerja. Mereka memasuki pintu pagar pabrik, menggedor-gedor, kemudian berteriak-teriak. Massa menunggu hingga para buruh berhenti bekerja.
Beruntung ketegangan berhasil diredam buruh lainnya. Setelah 10 menit, barulah situasi mencair.
Sempat terjadi ketegangan antara para buruh dengan petugas keamanan di depan salah satu pabrik. Pasalnya, massa meminta para buruh yang berada di dalam pabrik berhenti bekerja dan ikut bergabung bersama mereka.
Melihat adanya penghadangan dari pihak keamanan, para buruh yang memaksa buruh lainnya untuk keluar pabrik pun sempat geram dan menggoyang-goyangkan pagar. Melihat hal itu pihak keamanan pun akhirnya membuka pagar dan mengizinkan buruh yang berada di dalam pabrik untuk bergabung.
Sementara itu, untuk mengamankan jalannya aksi buruh ini, sebanyak 500 personel gabungan dari Polres Jakarta Timur dibantu Polda Metro Jaya disiagakan di beberapa lokasi yang jadi titik kumpul para buruh. Selain di dalam area KIP, sebagian personil juga disiagakan untuk mengatur lalu lintas yang kemungkinan dilalui massa buruh.
"Informasi pertama mereka akan berkumpul dan berorasi di KIP. Sebagian dari mereka akan menuju ke Balaikota," kata Kasubag Humas Polres Jakarta Timur Kompol Sri Bhayangkari, saat dihubungi wartawan, Kamis (31/10/2013).
Beberapa lokasi yang mulai dipenuhi buruh yakni di pintu masuk I PTC dan bundaran KIP. Sementara, ratusan petugas gabungan dari Polda Metro Jaya, Polrestro Jakarta Timur, dan seluruh polsek di Jakarta Timur sudah tersebar di hampir seluruh sudut KIP.
Sementara itu Jalan Raya bekasi yang merupakan pintu masuk kawasan Industri Pulogadung sempat lumpuh total, karena dipenuhi sepeda motor milik buruh.


Sumber : tribunnews.com

No comments:

Post a Comment