Friday, November 29, 2013

Upah Murah Core Indonesia Angkat Bicara

Daya saing industri yang sedang tidak baik di Indonesia membuat beberapa pengusaha merasa berat mengikuti kebijakan pemerintah menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) pada tahun 2014 mendatang.
Penetapan kebijakan pengupahan bukan hanya masalah Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, tetapi juga Kementrian Perekonomian. Hal ini di benarkan oleh Direktur Eksekutif Center of Reform on Economis (CORE) Indonesia, Hendri Saparni  dalam diskusi Selasa (26/11/2013) kemarin.
“Kebijakan upah yang tengah dijalani sekarang ini masih belum adil, tidak hanya buruh, tapi juga untuk pengusaha” kata Hendri.  Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa reorientasi kebijakan pengupahan tidak hanya berorietasi pada peningkatan daya beli, tetapi juga pertumbuhan, daya saing ekonomi dan pemerataan ekonomiberkesinambungan dikaitkan dengan kebijakan ekonomi lain untuk menjaga daya saing industri.
Kebijakan pengupahan perlu mempertimbangkan aspek lain, misalnya skala usaha dan produktifitas pekerja. Upah buruh naik maka semua kebutuhan juga juga naik jadi percuma saja kalo upah dinaikan.
“Kenaikan upah perlu dilihat juga kondisi politik dan ekonomi, kalau seperti sekarang ini, upah naik tapi listrik naik, tol naik, BBM juga naik, ya percuma” imbuh dia.
Latar Belakang Pendidikan Yang RendahHal yang sama juga di ungkapkan oleh peneliti senior CORE Mohammad Faisal. Dia mengatakan bahwa tidak masalah apabila pemerintah tidak menaikkan upah bagi buruh, asalkan dapat menahan kebijakan perekonomian industri.
“Posisi tawar tenaga kerja di Indonesia yang relative rendah karena tingkat pendidikan dan keterampilan terbatas,” kata Faisal.
Faisal juga menambahkan, dua per tiga atau 67% dari 240 juta penduduk Indonesia berkependidikan paling tinggi SMP. Sementara tingkat pengangguran juga cukup tinggi, yakni 6,25% (7,4  juta orang), dimana 54% dari jumlah tersebut berpendidikan SMP ke bawah. Berdasarkan data tersebut Faisal menyimpulkan bahwa pentingnya pendidikan dan keterampilan dalam kerja dalam daya saing yang semakin meningkat. CORE Indonesia juga berharap pemerintah lebih siap menetapkan upah buruh di tahun 2015.




Sumber : radaronline.com

No comments:

Post a Comment