Wednesday, January 29, 2014

Fiji : Pemogokan hotel dinyatakan ilegal , para pemimpin serikat pekerja dipenjara

Pada malam tahun baru , pekerja Sheraton Hotel di Fiji ( dimiliki oleh global Starwood Grup) melanjutkan pemogokan atas penghapusan tunjangan staf. Manajemen setuju untuk bernegosiasi tentang keluhan para buruh dan pekerja kembali bekerja . Ini merupakan perselisihan hubungan industrial yang normal, kecuali di Fiji, dimana kediktatoran militer memerintah negara itu sejak kudeta pada tahun 2008 telah terus-menerus menggerogoti dan menyerang hak di tempat kerja dan kebebasan serikat buruh . Jadi, meskipun fakta bahwa manajemen dan serikat pekerja menyelesaikan secara bersama-sama perbedaan diantara meraka secara damai, rezim Fiji menyatakan pemogokan ilegal dan menangkap pimpinan serikat pekerja - termasuk kepala
National Union of Hospitality, Catering & Tourism Industries Employees , serta Urai yang juga Presiden Fiji Trades Union Congress . Kondisi dengan uang jamaninan bagi para pemimpin yang ditangkap termasuk tidak mengulangi "pelanggaran" untuk melakukan pemogokan, sehingga jika negosiasi tidak menyelesaikan sengketa dan serikat pekerja memutuskan untuk mengadakan pemogokan lain sebelum kasus ini disidangkan ( yang bisa berbulan-bulan , seperti yang sering terjadi di Fiji ) , maka pemimpin mereka akan dijebloskan ke penjara segera . Perilaku rezim Fiji ini adalah bagian dari pola pelecehan dan pelanggaran hak asasi manusia serta hak dasar serikat pekerja yang mana telah menggerakkan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) untuk mengawasi rezim ini. Sudah waktunya untuk memberitahu rezim Fiji bahwa serangan terhadap hak-hak pekerja dan kebebasan serikat buruh harus berhenti . Anda juga dapat mengirim pesan ke manajemen global dari Starwood Grup mendesak mereka untuk campur tangan menyelesaikan perselisihan dan mendapatkan penghapusan tuntutan hukum . Saatnya untuk mmasyarakat internasional tahu bahwa janji rezim Fiji yang akan mengembalikan demokrasi tidak bisa dipercaya lagi : kita membutuhkan penyelidikan oeh Komisi ILO ke Fiji sehubungan pelanggaran atas konvensi inti ILO inti.
Jika tidak, saya berharap bahwa masyarakat internasional akan mendapat pelajaran bahwa terjadi pelanggaran fundamental sehubungan keanggotaan di ILO, dan akan mengajak gerakan serikat buruh global agar ILO mengirimkan KomisiPenyelidikan ke Fiji di kesempatan yang tersedia berikutnya.



Sumber : labourstartcampaigns.net

No comments:

Post a Comment