Wednesday, December 11, 2013

Upah di bawah UMK, Buruh Pabrik Alas Kaki Demo

Aksi unjuk rasa ratusan buruh pabrik alas kaki PT Ode Cipta Semesta di kawasan industri Buduran Kabupaten Sidoarjo dengan cara mogok kerja kondisinya memanas.

Aksi yang sudah berjalan tiga minggu ini justru ditanggapi manajemen dengan memasukkan pekerja baru sehingga polisi harus berjaga agar tidak terjadi gesekan, Selasa (10/12).

Aksi unjuk rasa ini dilakukan dengan tuntutan agar perusahaan membayar upah mereka sesuai dengan upah minimum kabupaten (UMK) yang ditetapkan.


Selama ini buruh hanya mendapatkan upah Rp1,2 juta per bulan padahal nilai UMK tahun 2013 ini adalah Rp1,7 juta. Sementara bulan depan sudah memasuki tahun baru 2014 dengan UMK juga naik lagi menjadi Rp2,2 juta per bulan.

Selain tuntutan diberi gaji sesuai UMK, buruh ini juga menuntut dimasukkan jaminan sosial tenaga kerja atau Jamsostek. Sebab hingga saat ini mereka ternyata belum mendapatkan jaminan asuransi.

"Padahal kami sudah bekerja bertahun-tahun bahkan sudah ada yang belasan tahun," kata Ian, salah satu buruh.

PT Ode Cipta Semesta adalah produsen alas kaki bermerek terkenal dan memiliki buruh sebanyak 900 orang. Bahkan sebagian besar produk dari pabrik ini adalah untuk dijual di pasar luar negeri.

Namun alih-alih dipenuhi tuntutannya, pihak manajemen justru menanggapi dengan memasukkan banyak pekerja baru. Para buruh baru yang direkrut manajemen ini sudah mulai masuk kerja untuk mengganti buruh yang mogok kerja.

Untuk menghindari gesekan antara kedua kubu buruh ini, puluhan personel Polres Sidoarjo disiagakan di lokasi pabrik. Penjagaan ketat polisi dilakukan terutama pada saat para buruh yang direkrut manajemen akan masuk atau keluar melewati pintu gerbang pabrik.



Sumber : metrotvnews.com

No comments:

Post a Comment