Monday, December 16, 2013

Ini Tuntutan Buruh saat Demo Senin Besok

Rangkaian demo buruh untuk memperjuangkan nasibnya rupanya belum berakhir. Senin depan (16/12), buruh yang tergabung dalam Gerakan Bersama Buruh/Pekerja di Badan Usaha Milik Negara (Geber BUMN) akan melakukan aksi di depan Kompleks Parlemen dan Istana Negara. Kali ini mereka tidak menuntut masalah upah, tapi mengenai masalah buruh outsourcing di BUMN.

Koordinator Geber BUMN, Acmad Ismail menjelaskan masalah pekerja outsourcing di BUMN masih menggantung tanpa kejelasan. Hal ini diungkapkannya dalam konferensi pers Geber BUMN di Gedung Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Jalan Pangeran Diponegoro, Sabtu (14/12).


Rekomendasi yang dikeluarkan Panitia Kerja (Panja) Outsourcing BUMN DPR belum berjalan sebagai mana mestinya. Salah satu rekomendasi ini adalah pengangkatan pekerja outsourcing menjadi pegawai tetap di BUMN tempat mereka bekerja dan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Outsourcing.

"Belum ada satu pun dari pekerja outsourcing diangkat," kata pria yang akrab disapa Ais ini.

Senin mendatang, aksi Geber BUMN akan fokus pada rekomendasi Panja Outsourcing BUMN DPR, khususnya perihal Satgas Outsourcing. Dengan adanya Satgas, diharapkan implementasi rekomendasi bisa dikawal dengan baik dan efektif. Selain itu DPR diminta menggunakan hak interpelasinya guna mendorong penyelesaian masalah ini.

Geber BUMN juga meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ikut campur dalam masalah ini dengan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) dan memecat Menteri BUMN yang dianggap gagal menuntaskan masalah ini.



Sumber : metrotvnews.com

No comments:

Post a Comment